Tentang Kata : الناس (manusia) atau الإنسان (manusia)

138

Ada tiga pendekatan dalam memahami arti kata الناس atau الإنسان

1. Kata الناس adalah jamak dari إنسان、yang diambil dari kata نسيان、yang berarti lupa

2. Kata إنسان diambil dari kata إيناس yang berarti terlihat, atau kemampuan untuk bisa merasakan. Lawan kata dari kata ini adalah جنّ 、(jin), yang berarti yang tak terlihat

3. Kata إنسان diambil dari kata أنس、yang berarti yang memiliki kesopanan. Lawan kata dari kata ini adalah الوحشيّ、yang berarti buas (identik dengan binatang)

*Keterangan*

1. Manusia adalah pelupa. Lupa hanya terjadi setelah mengetahui. Pada fitrahnya, manusia sangat mengetahui siapa Penciptanya, tetapi kemudian ia lupa sehingga ia harus terus menerus diingatkan agar ia kembali ingat bahwa ia harus kembali kepada Penciptanya.

2. Manusia itu terlihat, sekaligus memiliki daya dan atau kemampuan untuk merasakan. Kita sama-sama bisa saling melihat manusia, sekaligus bisa sama-sama saling merasakan sehingga tumbuh rasa peduli. Itu sebabnya Kita memiliki belas kasih, iba, peduli, saling merasakan. Jika Kita lupa dan kehilangan potensi ini, maaf, Kita sudah bukan lagi manusia. Sementara Jin tak terlihat.

3. Manusia itu dalam fitrahnya memiliki sopan santun, karena manusia memang bukan binatang buas. Hewan, hanya akan mencari mangsa saat lapar. Begitu ia kenyang, selesai. Hewan hanya akan menyerang saat ia terancam. Jika Kita lupa bahwa Kita memiliki sopan santun, maaf, Kita sudah bukan lagi manusia. Itu sebabnya bahkan manusia bisa lebih hina daripada binatang ternak.

Semoga Bermanfaat 😊
Semoga Kita tetap menjadi manusia, sebagaimana memang fitrahnya memiliki rasa peduli dan sopan santun, sekalipun Kita pelupa sehingga Kita perlu terus diingatkan.

(Hamka Muda)

Ditulis dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan