PPLQ Selenggarakan Munaqosyah Alfiyyah Ibnu Malik

195

Pondok Pesantran Al-Luqmaniyyah (PPLQ) merupakan salah satu pondok pesantren salaf yang menitikberatkan kajian keilmuannya pada kitab-kitab dengan materi keilmuan nahwu dan shorof.  Idealnya, mendapatkan output santri yang memiliki kelayakan kompetensi pada kedua bidang tersebut merupakan sebuah keharusan. Untuk itu diperlukan salah satu tahapan proses yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan dan penguasaan materi atas kedua bidang keilmuan tadi. Hal itulah yang mendasari diadakannya Munaqosyah Alfiyyah Ibnu Malik oleh Dewan Pendidikan Pondok Pesantran Al-Luqmaniyyah bekerja sama dengan Panitia Haflah At Tasyakkur Lil Ikhtitam XIV PPLQ.

Pada tahun ini, Munaqosyah Alfiyyah Ibnu Malik yang telah memasuki tahun ke-5 ini diadakan selama tiga hari, mulai Kamis (30/5) hingga Sabtu (01/6). Ustadz Agil Mafrokhim selaku ketua panitia acara Munaqosyah Alfiyyah Ibnu Malik menjelaskan bahwa peserta Munaqosyah ini adalah para santri kelas Alfiyyah 2. “Peserta Munaqosyah ini adalah para santri putra-putri PPLQ kelas Alfiyyah 2. Tahun ini Munaqosyah diikuti 32 santri Alfiyyah 2 yang sebelumnya telah khatam mengkaji kitab Alfiyyah,”terang Ustadz Agil.

Lebih lanjut Ustadz Agil menjelaskan bahwa dengan format acara seperti layaknya ujian pendadaran kampus dengan disaksikan oleh seluruh santri, diharapkan acara ini bisa menjadi forum yang prestisius yang bersifat sakral dan mampu mengundang antusias yang sangat besar bagi seluruh santri.

“Untuk dewan penguji pada tahun ini, terang Ustadz Agil, antara lain Kyai Nasihin Salimi dan Kyai Nur Charis Salimi dari PP. As Salimiyah, Ustadz Imron Rosyidi (Madiun), Ustadz Alwy Amru Ghozali (Ponorogo), Ustadz Abbas Ade Supriyadi dan Ustadz Izzun Nafroni,” pungkas Ustadz Agil.[Romdlon]

Tinggalkan Balasan