Santri Jogja Memahami Pesantren Dan Kesantriannya (Part I)

381

Pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan tertua di indonesia, pesantren juga telah menunjukkan eksistensinya, baik melalui perannya dalam pengembangan masyarakat kecil, maupun perannya dalam usaha penyelamatan generasi muda dari ancaman dekadensi moral.

Pesantren sebagi sebuah sistem dalam lika-liku perjalanannya juga telah mengalami berbagai macam perkembangan, bila pada awalnya pesantren muncul dari dan atas kebutuhan masyarakat sekitar terhadap pembelajaran, yang sebagaimana yang saya ketahui bahwa kiai zaman dulu mempunyai sebuah pesantren melalui pengalaman sosial yang tidak pendek, biasanya di awali dengan pengajian-pengajian kecil yang beliau-beliau adakan di surau-surau mereka, yang kemudian pengajian-pengajian itu menjadi ramai dan besar, yang kemudian masyarakat jawa yang terbiasa dengan kebudayaan jawanya akan mulai memasrahkan anak-anaknya untuk dididik oleh kiai-kiai tadi, sebagaimana nenek moyang mereka dulu menyerahkan pendidikan anak-anaknya kepada para brahman, semula yang menitipan anaknya hanya seorang demi seorang namun seiring dengan semakin timbunya pencitraan pada masyarakat dan pentingnya sebuah pengetahuan maka lama-kelamaan pengajian kecil_surau tadi bertranformasi menjadi sebuah pesantren.

Dalam segi materi yang diajarkan pesantren juga telah bertransformasi guna memenuhi kebutuhan masyarakat serta bangsa, bila pada zaman perjuangan dulu pesantren mengajarkan tentang ilmu agama disertai dengan pembelajaran anti penjajah dan cinta tanah air, maka sudah menjadi keharusan pesantren sekarang untuk melakukan instrospeksi dan otokritik serta pembacaan terhadap apa yang manjadi kebutuhan dari masyarakat dan bangsa, di era sekarang.

Yang menarik kemudian adalah bahwa pesantren di hadapkan kepada sejarah keberhasilannya mencetak santri-santri yang mampu menjadi tuntunan di masyarakatnya masing-masing, dan yang menjadi penting untuk dipahami dan dimengerti adalah bahwa sistem pengajaran pada kala itu sesuai dengan tuntutan zaman, dalam artian sesuai dengan sosial budaya yang ada pada zaman itu.

Kemudian yang menjadi tugas penting kalangan pesantren sekarang adalah bagaimana menjawab kebutuhan bangsa sekarang, kebutuhan akan santri-santri yang mampu menjawab berbagai permasalahan, baik itu permasalahan keagamaan maupun permasalahan kemasyarakatan lainnya, untuk itu sudah menjadi keharusan bagi kita sebagai seorang santri untuk mencari bagaimana formula yang pas untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas.

Dan tentunya kita sebagai santri yang hidup di kota jogja , yang selalu diidentikkan dengan dengan kota pelajar juga mempuyai tanggung jawab yang sama, karena kita secara intelektual dan sosial akan lebih memiliki kapasitas untuk menjawab hal-hal diatas.

Untuk itu mari kita mulai untuk kembali meredefinisikan arah gerak adan fungsi pesantren serta bagaimana kita harus mempertanggung jawabkan status kesantrian kita, sembari kita membuka diri pada dunia luas, agar pesantren kembali mampu melestarikan tradisinya sebagai sebuah lembaga yang mampu menjawab segala kebutuhan masyarakat indonesia.(Zaim-red)wallahua’lam

Save As Pdf : Klik

12 KOMENTAR

  1. Minggu, 19 Oktober 2008 saya main ke tempat teman di Kotagede. Saya membaca koran KR di sebuah papan dalam jarak yang agak jauh, pada halaman lima ada judul berita yaitu : “Ditemukan Bapak berusia ribuan tahun”, saya pun tercengang. Masa ada sih manusia berusia ribuan tahun, tapi ternyata satu hari kemudian saya baru tahu kalau saya salah baca. Yang benar ” Ditemukan kapak berusia ribuan tahun”, hanya beda satu huruf…he…

  2. Minggu, 19 Oktober 2008 saya main ke tempat teman di Kotagede. Saya membaca koran KR di sebuah papan dalam jarak yang agak jauh, pada halaman lima ada judul berita yaitu : “Ditemukan Bapak berusia ribuan tahun”, saya pun tercengang. Masa ada sih manusia berusia ribuan tahun, tapi ternyata satu hari kemudian saya baru tahu kalau saya salah baca. Yang benar ” Ditemukan kapak berusia ribuan tahun”, hanya beda satu huruf…he…

  3. sippppp dech
    q juga se7 bgt,yang terpenting pesantren itu juga sebagai pembelajaran buwat diri kita sendiri,,

  4. sippppp dech
    q juga se7 bgt,yang terpenting pesantren itu juga sebagai pembelajaran buwat diri kita sendiri,,

Tinggalkan Balasan