Sholawat Nariyyah

192

(صلاوة نارية)

اللَّهمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَي بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ فِى كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمِ لَكَ

Keterangan tentang sholawat Nariyah :

Sholawat ini disusun oleh Abdul Wahhab At-Taazi, guru dari Imam Muhammad Bin Ali As-Sanusyi. Nama lain  dari sholawat nariyah adalah sholawat tafrijiyah. Banyak dari para ulama yang mengamalkan sholawat ini, seperti Imam As-Sanusyi, Imam Muhammad At-Tunisyi, Imam Addinawary Al-Qurthuby, Sayyid Muhammad Haqqy An-Nazily, dll.

Sholawat nariyah memiliki banyak faidah diantaranya :

  1. Syaikh Muhammad At-Tunisy berkata : “barang siapa yang membaca sholawat ini sebanyak 11x secara rutin setiap hari, maka orang tesebut aka mendapat rizqi dari langit dan bumi.
  2. Imam Addinawary berkata :
  • Barang siapa yang membaca sholawat nariyah ini sebanyak 11 x secara rutin setiap selesai sholat fardlu, maka rizqinya akan menjadi lancar dan kan mendapat derajat yang luhur.
  • Barang siapa yang membaca sholawat nariyah ini sebanyak 41 x secara rutin setiap selesai sholat subuh, maka dia akan meraih apa yang dia cita-citakan.
  • Barang siapa yang membaca sholawat nariyah ini sebanyak 100 x secara rutin setiap hari, maka segala yang diinginkan akan terkabulkan.
  • Barang siapa yang membaca sholawat nariyah ini sebanyak 313 x secara rutin setiap hari, maka segala yang diinginkan akan terbuka jalannya.
  • Barang siapa yang membaca sholawat nariyah ini sebanyak 1000 x secara rutin setiap hari, maka dia akan mendapatkan keajaiban yang luar biasa yang tidak dapat dibanyangkan.
  1. Imam Al-Quthuby berkata :
  • Barang siapa yang membaca sholawat ini setiap hari secara rutin sebanyak 41x atau 100x atau lebih maka Alloh akan menghilangkan segala kesusahan dan segala bahaya dari orang tersebut, mempermudahkan segala urusannya, meluaskan rizqinya, membukakan segala pintu kebaikan serta akan mengambulkan segala permohonan.
  • Barang siapa yang ingin meraih sesuatu yang sangat penting atau menolak bencana yang terus menerus, maka hendaknya orang tersebut membaca sholawat ini sebanyak 4444 x. (keterangan ini juga pernah dikatakan oleh Imam Ibnu Hajar Al-‘Asqolani).

Faidah-faidah sholawat nariyah ini akan dapat diperoleh jika seseorang membacanya dengan penuh kenyakinan dan istiqomah dalam mengamalkannya.

Referensi tentang sholawat nariyah

  1. Sayyid Muhammad Haqqy An-Nazily, khoziinatul asroor, (Semarang: Toha Putra), hal. 179 dan 182
  2. Al Qodli Syaikh Yusuf Bin Isma’il An-Nabhany (w : 135 H), afdlolush sholawaat ‘alaa sayyidis saadaat, (Bairut: Daar Al Kutub Al-‘Ilmiyyah, 2005 M), hal. 90-91
  3. H. Bishri Mushtofa, al-haqiibah, juz 1, (Menera Kudaus), hal. 6-7.

Tinggalkan Balasan