Tentang Kata : بَشَر (Manusia)

126

Kata بشر diambil dari kata بشرة、yang berarti kulit. Kata بشرة adalah ظاهر الجلد、yakni kulit bagian luar.

Dengan menggunakan kata بشر untuk manusia, berarti menunjukkan bahwa tubuh fisik luar manusia itu didominasi oleh kulit dari pada rambut atau bulu. Inilah bentuk fisik yang membedakan antara manusia dan binatang atau hewan, dimana fisik binatang lebih didominasi oleh rambut-rambut, dan atau bulu-bulu.

Dengan demikian, Kita, manusia, pada dasarnya sama. Ras, warna kulit, bahasa, suku, tempat tinggal, dan atau perbedaan yang lain, tidak bisa Kita gunakan untuk saling menghujat, menghakimi, merasa lebih unggul, dan atau jenis ego yang lain.

Sementara itu, di dalam Alquran, kata بشر dan إنسان sama-sama digunakan.

Lalu, bagaimana cara Kita membedakan maksud keduanya yang sama-sama diterjemahkan dengan manusia?

1. Ketika Alquran ingin mensifati manusia dengan sifat fitrahnya (pelupa, terlihat dan memiliki kemampuan untuk merasakan, memiliki sopan santun), atau sifat lain yang membedakan antara manusia satu dengan manusia lain, maka digunakan kata الإنسان atau الناس.

2.  Ketika ingin menyampaikan manusia itu sama, maka digunakan kata بشر.

Dengan demikian, sebagai إنسان (manusia) Kita memang bisa beda, tergantung bagaimana Kita bisa saling merasakan dan peduli, bermanfaat yang baik, sekaligus memiliki sopan santun dan berbudi. Tetapi sebagai بشر (manusia) Kita sama. Jadi jangan saling merasa lebih unggul.

Semoga Bermanfaat 😊

(Hamka Muda)

Ditulis dari berbagai sumber

 

Tinggalkan Balasan