Tiga Belas Khataman untuk Tiga Belas Tahun Luqmaniyyah

134
Ustadz Suep Amin Nasir sedang memimpin Muqoddaman dalam Rangka Milad XIII Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah
Ustadz Suep Amin Nasir sedang memimpin Muqoddaman dalam Rangka Milad XIII Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah

Sabtu (9/2), sekitar pukul 5.30 pagi ratusan santri Pondok Pesantren Al-Luqmaniyah (PPLQ) mengikuti kegiatan muqadaman yang dilaksanakan di masjid pesantren. Muqadaman tersebut merupakan pembuka dari rangkaian acara Milad PPLQ yang ke-13. Kegiatan yang dipimpin oleh Ustadz Suep Amin Nasir ini berlangsung dengan lacar. Selesai pembukaan, acara dilanjutkan dengan khataman Al-Qur’an sebanyak 13 kali. “Khataman Al-Quran sebanyak 13 kali disesuaikan dengan Milad Pondok yang ke-13” ujar Kang Abdul Azis Selaku Ketua Panitia.

Khataman Al-Qur’an yang terbilang unik ini diikuti oleh santri putra dan putri PPLQ. “Jadi untuk khataman Al-Qur’an tersebut, santri putra sebanyak 7 kali khataman dan putri sebanyak 6 kali khataman,” tambah Kang Abdul Azis. Kang Aziz pun menjelaskan bahwa kegiatan Milad tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena kegiatan Milad tahun ini tidak disertai dengan lomba-lomba. Keputusan ini, lanjut Kang Aziz, diambil karena berbagai pertimbangan.

Para santri sedang khusu' mengikuti Muqoddaman
Para santri sedang khusu’ mengikuti Muqoddaman

Adapun rangkaian acara untuk tahun ini adalah muqadaman, khataman Al-Qur’an, dan malam puncak yakni Pengajian Akbar yang akan dihadiri oleh KHR. Mastur Asy’ari dari Magelang dan KH. Ahmad Zabidi Marzuki dari Bantul. [Abdul Majid Zubairi]

Tinggalkan Balasan